Program

Sabtu, 16 Februari 2013

Alokasi Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau Kab. Madiun Meningkat


By on 08.30

Alokasi Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT) yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Madiun, Jawa Timur untuk tahun 2013 direncanakan meningkat dibading tahun sebelumnya.
 
Foto : Ilustrasi
Komari Kepala Bagian Perekonomian Kabupaten Madiun mengatakan, alokasi DBHCT Kabupaten Madiun pada tahun ini mencapai Rp. 8,1 miliar, sedangkan pada tahun 2012 hanya menerima jatah Rp. 7,6 miliar.

“Alokasi anggaran dari Pemprov Jatim tersebut sifatnya sementara, jadi bisa bertambah lagi tergantung dari kebijakan pusat. Hal ini sesuai dengan Peratuan Gubernur Jatim No. 7 Th. 2013 tentang alokasi sementara DBHCT untuk kota dan kabupaten,” ujar Komari kepada Reporter WKFM, Jumat (15/02/2013).

Adapun kriteria yang digunakan provinsi untuk pembagian DBHCT kota/kabupaten adalah berdasarkan hasil produksi tembakau kering masing-masing daerah, jumlah produksi rokok, indeks pembangunan manusia, serta penyerapan anggaran tahun sebelumnya.

Rencananya, anggaran sebanyak itu akan digunakan untuk 7 satuan unit kerja. Antara lain, Dinas Kesehatan sebesar Rp. 1,7 miliar, Dinsosnakertras sebesar Rp. 1,1 miliar, Diskoperindagta sebesar Rp. 1,7 miliar, Dinas Kehutan dan Perkebunan sebesar Rp. 225 juta, RSUD Caruban sebesar Rp. 1,2 miliar, RSUD Dolopo sebesar Rp. 1,2 miliar, dan Bagian Perekonomian sebesar Rp. 450 juta lebih.

“Dana yang diterima masing-masing satuan unit kerja bisa bertambah saat APBD perubahan dibahas mendatang,” tutur Komari, menjelaskan.


Ito Wahyu (Reporter)

Radio Wijaya Kusuma FM

Gerbang informasi, kesehatan dan hiburan.

0 komentar:

Poskan Komentar